Isra, Hayati (2017) ANALISIS PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131113010_COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM. 1131113010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 1131113010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM. 1131113010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 1131113010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 1131113010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 1131113010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1131113010_BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
12. NIM. 1131113010_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 1131113010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengelolaan kelas seperti
pengaturan ruang kelas yang kurang kondusif misalnya ukuran ruang kelas
seadanya dan sempit, tampilan ruang kelas yang monoton dan kurang bervariasi,
perbandingan jumlah guru dan anak yang tidak seimbang sehingga pengkondisian
kelas terlihat kurang kondusif, kurangnya kemampuan guru dalam mengatasi
permasalahan prilaku anak dikelas serta kualifikasi guru Taman Kanak-kanak di
Kecamatan Stabat tentang pengetahuan guru dalam pengelolaan kelas.
Bagian-bagian yang dikemukakan dalam penelitian ini terkait dengan
pengelolaan kelas yaitu tentang pengelolaan ruangan kelas, pengelolaan peserta
didik, pengelolaan waktu, dan pengelolaan iklim kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru sekolah Taman Kanak-kanak di Kecamatan Stabat yang
berjumlah 101 orang guru dari 25 TK. Sampel dalam penelitian 35 % dari jumlah
populasi yaitu 35 orang guru di sekolah Taman Kanak-kanak di Kecamatan
Stabat. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah
dengan menggunakan teknik persentase.
P =
× 100 %
Dengan persentase perhitungan pada guru sekolah Taman Kanak-kanak di
kecamatan Stabat dapat diketahui bahwa sebagian besar guru dapat mengelola
kelas dengan baik dengan persentase 85.25 %. Sedangkan sebagian kecil guru
belum dapat mengelola kelas dengan baik dengan persentase 14.17 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 066 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25501 |