ANALISIS PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN STABAT T.A 2016/2017

Isra, Hayati (2017) ANALISIS PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1131113010_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1131113010_COVER.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1131113010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1131113010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1131113010_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1131113010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1131113010_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1131113010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1131113010_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1131113010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1131113010_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1131113010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1131113010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1131113010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1131113010_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1131113010_BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1131113010_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1131113010_BAB V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1131113010_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1131113010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengelolaan kelas seperti
pengaturan ruang kelas yang kurang kondusif misalnya ukuran ruang kelas
seadanya dan sempit, tampilan ruang kelas yang monoton dan kurang bervariasi,
perbandingan jumlah guru dan anak yang tidak seimbang sehingga pengkondisian
kelas terlihat kurang kondusif, kurangnya kemampuan guru dalam mengatasi
permasalahan prilaku anak dikelas serta kualifikasi guru Taman Kanak-kanak di
Kecamatan Stabat tentang pengetahuan guru dalam pengelolaan kelas.
Bagian-bagian yang dikemukakan dalam penelitian ini terkait dengan
pengelolaan kelas yaitu tentang pengelolaan ruangan kelas, pengelolaan peserta
didik, pengelolaan waktu, dan pengelolaan iklim kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru sekolah Taman Kanak-kanak di Kecamatan Stabat yang
berjumlah 101 orang guru dari 25 TK. Sampel dalam penelitian 35 % dari jumlah
populasi yaitu 35 orang guru di sekolah Taman Kanak-kanak di Kecamatan
Stabat. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah
dengan menggunakan teknik persentase.
P =
× 100 %
Dengan persentase perhitungan pada guru sekolah Taman Kanak-kanak di
kecamatan Stabat dapat diketahui bahwa sebagian besar guru dapat mengelola
kelas dengan baik dengan persentase 85.25 %. Sedangkan sebagian kecil guru
belum dapat mengelola kelas dengan baik dengan persentase 14.17 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PAUD 066
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:29
Last Modified: 10 Aug 2017 08:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25501

Actions (login required)

View Item
View Item