Tirta Yani, Surya (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI MEDIA PETA KOINSEP, POWERPOINT, DAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131048 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 4131131048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM 4131131048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 4131131048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM 4131131048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 4131131048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 4131131048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 4131131048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 4131131048 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
13. NIM 4131131048 BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM 4131131048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, peningkatan hasil belajar, serta media mana yang paling efektif digunakan dalam model pembelajaran problem based learning terintegrasi media peta konsep, powerpoint, dan animasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Sampel ditetapkan secara purposif sampling dengan mnggunakan 3 kelas sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen pertama diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media peta konsep, kelas eksperimen kedua diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media powerpoint, sedangkan kelas eksperimen ketiga diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media animasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dengan lima jawaban alternatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media peta konsep, powerpoint, dan animasi. Data yang diperoleh yaitu Fhitung> Ftabel dengan Fhitung 11,946 dan Ftabel 3,118. Persen peningkatan hasil belajar untuk ketiga kelas eksperimen berbeda. Untuk kelas eksperimen pertama terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 54%. Pada kelas eksperimen kedua terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 55%. Sementara itu, untuk kelas eksperimen ketiga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 61%. Media yang paling efektif digunakan dalam meningkatkaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan adalah media animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 098 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNI9NG, PETA KONSEP, POWERPOINT, ANIMASI, HASIL BELAJAR |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:08 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25476 |