Dea, Amalia (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN BERGANDA TIGA TINGKAT (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131010 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4131131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
3. NIM. 4131131010 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4131131010 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 4131131010 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 4131131010 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4131131010 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4131131010 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4131131010 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM. 4131131010 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4131131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Analisis miskonsepsi larutan penyangga dengan menggunakan three-tier test pada siswa SMA Negeri 3 Binjai dijelaskan dalam penelitian ini. Analisis miskonsepsi siswa sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam pembelajarannya. Siswa tidak mungkin mempelajari konsep selanjutnya jika konsep awal sudah salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 3 Binjai. Sampel dipilih secara random sampling. Sampel berjumlah 50 orang yang berasal dari masing-masing unsur kelas. Dari 5 kelas, setiap kelas dipilih 10 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan berganda tiga tingkat (Three-tier test) larutan penyangga yang telah diuji validasinya oleh validator ahli. Sampel diberikan tes diagnostik. Berdasarkan hasil tes, sampel dikelompokkan berdasarkan pemahaman menjadi 4 kelompok, yaitu Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), Menebak (MB), dan Miskonsepsi (MK). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) sebanyak 51,3% siswa mengalami miskonsepsi. (2) miskonsepsi terjadi pada konsep-konsep sifat-sifat larutan penyangga (56%), komposisi larutan penyangga (45,3%), prinsip kerja larutan penyangga (43,5%), pH larutan penyangga (50,6%) dan peranan larutan penyangga dalam makhluk hidup dan industri (87%). (3) miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep peranan larutan penyangga dalam makhluk hidup dan industri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 099 |
Keywords: | Larutan Penyangga; Miskonsepsi; Three-tier Test |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:03 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25472 |