ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN BERGANDA TIGA TINGKAT (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE)

Dea, Amalia (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN BERGANDA TIGA TINGKAT (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131131010 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131131010 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131131010 ABSTRAK.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131131010 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131131010 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131131010 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131131010 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131131010 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131131010 DAFTAR TABEL.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131131010 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131131010 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131131010 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131131010 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131131010 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131131010 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131131010 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4131131010 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4131131010 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Analisis miskonsepsi larutan penyangga dengan menggunakan three-tier test pada siswa SMA Negeri 3 Binjai dijelaskan dalam penelitian ini. Analisis miskonsepsi siswa sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam pembelajarannya. Siswa tidak mungkin mempelajari konsep selanjutnya jika konsep awal sudah salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 3 Binjai. Sampel dipilih secara random sampling. Sampel berjumlah 50 orang yang berasal dari masing-masing unsur kelas. Dari 5 kelas, setiap kelas dipilih 10 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan berganda tiga tingkat (Three-tier test) larutan penyangga yang telah diuji validasinya oleh validator ahli. Sampel diberikan tes diagnostik. Berdasarkan hasil tes, sampel dikelompokkan berdasarkan pemahaman menjadi 4 kelompok, yaitu Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), Menebak (MB), dan Miskonsepsi (MK). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) sebanyak 51,3% siswa mengalami miskonsepsi. (2) miskonsepsi terjadi pada konsep-konsep sifat-sifat larutan penyangga (56%), komposisi larutan penyangga (45,3%), prinsip kerja larutan penyangga (43,5%), pH larutan penyangga (50,6%) dan peranan larutan penyangga dalam makhluk hidup dan industri (87%). (3) miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep peranan larutan penyangga dalam makhluk hidup dan industri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 099
Keywords: Larutan Penyangga; Miskonsepsi; Three-tier Test
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:03
Last Modified: 10 Aug 2017 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25472

Actions (login required)

View Item
View Item