PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017

Hutapea, Febby (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133142016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133142016 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133142016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133142016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133142016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133142016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133142016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133142016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133142016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133142016 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133142016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133142016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133142016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133142016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133142016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133142016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133142016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133142016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133142016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133142016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi kelas X AK 4 SMK N egeri 1 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan pembelajaran 2016/2017 dengan subjek adalah siswa kelas X AK 4 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I, persentase kemampuan berpikir kritis siswa 61,41% dengan skor 1545 yang masuk dalam kategori cukup kritis dan dari hasil belajar siswa terdapat 27 siswa (72,97%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 77,84. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar 75% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II persentase kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 78,9% dengan skor 1986 yang masuk dalam kategori kritis. Sedangkan dari hasil belajar 34 siswa (91,89%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 86,76. Karena kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian ini tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kesimpulan penerapan model Problem Based Learning di kelas X AK 4 SMK Negeri Medan Tahun pembelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 058
Keywords: Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar; Model problem based learning
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2017 15:14
Last Modified: 09 Aug 2017 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item
View Item