Christian, Joy (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA MATERI ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131029 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 4133131029 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4133131029 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 4133131029 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 4133131029 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4133131029 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4133131029 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 4133131029 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 4133131029 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 4133131029 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14. NIM. 4133131029 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar modul berbasis proyek ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Modul yang dikembangkan memenuhi standar BSNP, (2) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek pada materi asam karboksilat dan ester lebih besar daripada peningkatan hasil belajar menggunakan buku teks kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kabanjahe. Langkah penelitian meliputi : (1) memilih silabus kurikulum 2013, (2) menganalisis buku kimia pada materi asam karboksilat dan ester, (3) menstandarisasi modul oleh dosen, guru kimia, dan siswa SMA sesuai dengan validasi bahan ajar, (4) Uji coba/validasi tes yang digunakan untuk membandingkan 2 kelompok perlakuan adalah validitas dan reliabilitas sebesar 0,79. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil validasi modul yang dikembangkan memenuhi standar BSNP dengan kriteria layak dan tidak perlu revisi, dengan data yang diperoleh : Kelayakan Isi (3,47), Kelayakan Bahasa (3,50), Kelayakan Penyajian (3,48), dan Kelayakan Kegrafikan (3,51) dengan nilai rata-rata keseluruhan (3,50) dan hasil uji normalitas data gain ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 8,85 dan kelas kontrol sebesar 10,35 dengan keterangan data terdistribusi normal, hasil uji homogenitas data gain ternormalisasi sebesar 1,09 dengan keterangan homogen (2) Hasil uji t-test untuk peningkatan hasil belajar diperoleh harga thitung > ttabel (5,96 > 1,6476). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ha diterima yang berarti peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek lebih besar daripada peningkatan hasil belajar menggunakan bahan ajar kimia reguler SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 170 |
Keywords: | Bahan ajar modul; BSNP; Project based learning; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:14 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25450 |