Haidir, Hilman (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MENGINGAT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP KEMALA BHAYANGKARA 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020377 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
2. 055020377 Abstrak.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. 055020377 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 055020377 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 055020377 Bab V.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
6. 055020377 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaaan hasil belajar bahasa indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan setrategi pembelajaran Pakem dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional 2) Perbedaan hasil belajarbahasa Indonesia siswa yang mempunyai kemampuan mengingat rendah. 3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan mengingat dalalm memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kemala Bhayangkara 1 Medan pada semester 2 tahun pelajaran 2006/2007. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Variabel bebas penelitian ini adalah (1) Setrategi pembelajaran dan (2) Kemampuan mengingat, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar bahasa Indonesia.Populasi penelitian ini adalah jekas VUU SMP Kemala Bhayangkara 1 Medan. Sedangkan sampelnya adalah kelas VII A dan VII C, yang berjumlah 80 orang instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah (1) tes hasil belajar bahasa indonesia yang berbentuk objektif tes, dengan jumlah soal sebanyak 40, dan jumlah option sebanyak 4. Sedangkan tes kemampuan mengingat, peneliti bekerjasama dengan Unit Pelayanan Psikologi Universitas Sumatera Utara. Teknik analisis data menggunakan teknik ANAVA 2 x 2.Temuan penelitian ini adalah; (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Pakem lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional (Fhitung =34,03 >Ftabel = 3,96). 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mempunyai kemampuan mengingat rendah (Fhitung =34,03 > Ftabel =3,96) 3) Terdapat interaksi atara strategi pembelajaran dengan kemampuan mengingat dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia siswa (Fhitung = 14,96 > Ftabel = 3,96).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Hil p |
Keywords: | Kemampuan Mengingat; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2544 |