Ali, Chalidin (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARA 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020373 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
2. 055020373 Abstrak.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. 055020373 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 055020373 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 055020373 Bab V.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
6. 055020373 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran danpenguasaan kosakata terhadap kemampuan memahami wacana Bahasa Inggris.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 MedanTabun Pelajaran 2006-2007, dengan jumlah sampel penelitian 80 orang. Metodepenelitian elcsperimen semu dengan rancangan factorial 2x2. Telcnik sampling dengancara cluster random sampling.Instrumen penelitian untuk menjaring data menggunakan tes, dengan terlebihdahulu melakukan uji coba kepada kelas XI untuk mengetahui validitas danreliabilitas tes. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis varian dua jalan padataraf signifikansi 5 %.Basil penelitia menunjukkan: (1) kemampuan memahami wacana BahasaInggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kebermaknaan lebih tinggidibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional,hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 11,09 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 5%, (2)siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi mempunyai kemampuanmemahami wacana Bahasa Inggris lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yangmemiliki penguasaan kosakata rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung= 21,62 > Ftabel= 3,96 pada taraf signifikansi 5%, dan (3) terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dalam mempengaruhikemampuan memahami wacana Bahasa Inggris, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 6,59> Ftabel= 3,96 pada taraf signifikansi 5%. Uji lanjut menggunakan uji Scheffe yangmembuktikan bahwa siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi yang diajardengan strategi pembelajaran kebermaknaan memperoleh hasil kemampuanmemahami wacana Bahasa Inggris Iebih tinggi dibandingkan dengan siswa yangdi ajar dengan strategi pembelajaran konvensional . Sedangkan si swa yang memilikiipenguasaan kosakata rendah memperoleh hasil kemampuan memahami wacanaBahasa Inggris Iebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran konvensional.Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi pembelajarankeberrnaknaan memberi pengaruh Iebih tinggi terhadap kemampuan memahamiwacana Bahasa Inggris dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional,sementara hasil kemampuan memahami wacana Bahasa Inggris siswa yang memilikipenguasaan kosakata tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki penguasaankosakata rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan penguasaankosakata terhadap kemampuan memahami wacana Bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Cha p |
Keywords: | Strategi Pembelaran, Kosakata; Wacana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2543 |