Simamora, Linanda (2017) PENERAPAN MODEL THINK - TALK - WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 104214 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
03. ABSTRAK LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
05. DAFTAR ISI LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. DAFTAR DIAGRAM LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
10. BAB I LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
14. BAB V LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Tujuan peneliti ini adalah penerapan model think – talk – write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian, untuk mengetahui keefektifan penerapan model think – talk – write (ttw) dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian dan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui model model think – talk – write (ttw) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian. Penelitian ini dilakasanakan di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian T.A 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SD Negeri 104214 Kedai Durian yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki – laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan penelitian siklus I dengan menggunakan model think – talk – write (ttw) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan narasi, maka pada siklus I terdapat 5 orang siswa yang sangat terampil dengan presentase (15,62%) 2 siswa yang terampil dengan presentase (6.25%) 7 siswa yang cukup terampil dengan presentase (21,87%) 18 siswa yang kurang terampil dengan presentase (51,25%) Rata-rata nilai belajar siswa adalah (63.13%). Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal 21 siswa yang sangat terampil dengan presentase (65,52%) 2 siswa yang terampil dengan presentase (6.25%) 5 siswa yang cukup terampil dengan presentase (15,62%) 4 siswa yang kurang terampil dengan presentase (12,15%). Dengan nilai rata – rata (79,38%).
Dari tindakan siklus I siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model think – talk – write (ttw) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia dalam materi karangan narasi di kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian. Pengajar disarankan dapat menerapkan model think – talk – write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 193 |
Keywords: | Keterampilan menulis; Karangan narasi; Model think-talk-write |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 10:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25422 |