Wulandari, Dessy Haqiki (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS KELAS IV SD NEGERI 054933 PEKUBUAN TANJUNG PURA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311101_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1133311101_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 1133311101_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 1133311101_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 1133311101_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1133311101_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133311101_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133311101_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 1133311101_BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 1133311101_BAB V.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
14. NIM. 1133311101_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan belajar tuntas di kelas IV SD Negeri 054933 Pekubuan. Dengan menggunakan pendekatan belajar tuntas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 054933 Pekubuan Tanjung Pura Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 054933 Pekubuan Tanjung Pura Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 1 kelas yaitu 36 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan.
Dari hasil Pre Test (test awal) yang berjumlah 36 siswa, siswa masih memiliki tingkat ketuntasan di bawah 75, sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 44,44 % mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 20 orang siswa dengan persentasi 55,56 % yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 67,91%, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (Pre Test) siswa masih tergolong belum tuntas. Pada siklus I terdapat sebanyak 30 orang siswa dengan persentase 83,33 % mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 6 orang siswa dengan persentasi 16,67 % yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 78,48%. Pada siklus II terdapat 34 orang siswa dengan persentase 94,44% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 2 orang siswa 6,45% yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81,67. Dari hasil observasi pada pembelajaran guru (Peneliti) menggunakan pendekatan belajar tuntas di kelas IV. Pada masing-masing pertemuan siklus I mendapatkan nilai 63,46 dengan kategori kurang baik, maka guru melakukan refleksi dan pada masing-masing pertemuan siklus II hasil observasi pada pembelajaran guru dalam penggunaan pendekatan belajar tuntas terjadi peningkatan menjadi 88,46 dengan kategori baik. Pada kegiatan siswa dari aspek afektif dan psikomotor pada masing-masing pertemuan Siklus I mendapatkan nilai rata-rata kelas 71,45 dengan kategori cukup baik, kemudian setelah dilakukan refleksi pada masing-masing pertemuan siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari aspek afektif dan psikomotor menjadi 81,11 dengan kategori baik. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan belajar tuntas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 054933 Pekubuan Tanjung Pura Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 192 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Mastery learning; Matematika; Bilangan bulat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 10:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25421 |