Siahaan, Rahut Silvia (2017) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBALAJARAN LEARNING COMMUNITY SD NEGERI NO.101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. LEMBAR PENGESAHAN NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
03. ABSTRAK NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
08. DAFTAR DIAGRAM NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. BAB I NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
14. BAB V NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15.DAFTAR PUSTAKA NAMA RAHUT SILVIA SIAHAAN NIM 1133311012.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Learning community materi pokok gaya gerak dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101776 yang beralamat di Jl.Irian Barat Kec.Percut Sei Tuan,Kab.Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA di SDN 101776 Sampali T.A 2016/2017 yang berjumlah 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I pertemuan I dan II dilanjutkan dengan siklus II pertemuan I dan II. Hasil pengamatan dan data penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi gaya gerak dan energi dengan menggunakan model pembelajaran Learning community pada kelas VA di SDN 101776 Sampali. Maka peneliti membuat kesimpulan sebagai berikut pada kondisi awal keaktifan belajar siswa masi sangat rendah dengan nilai rata-rata 6,62 sedangkan persentase keberhasilan keaktifan hanya mencapai 36% selanjutnya pada siklus I pertemuan I keaktifan belajar siswa juga masih tergolong rendah dengan rata-rata 6,92,dengan persentase keberhasilan keaktifan mencapai 39%. Pada siklus I pertemuan II juga masih tergolong cukup dengan rata-rata 7,22 sedangkan persentase keaktifan mencapai 46%. Pada siklus II pertemuan I terdapat peningkatan dengan memperoleh rata-rata 76 dengan persentase keaktifan mencapai 66%. Pada siklus II pertemuan II keaktifan siswa semakin meningkat dengan memperoleh rata-rata 82 dengan persentase keaktifan siswa 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Community pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya gerak dan energi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VA SD Negeri No.101776 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 188 |
Keywords: | Belajar; Model pembelajaran; Learning community; IPA; Materi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 15:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25407 |