Sitompul, Fahmi Agustina (2017) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 BROMO MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
03. ABSTRAK FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
05. DAFTAR ISI FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09. BAB I FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. BAB V FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA FAHMI AGUSTINA SITOMPUL NIM 1133113010.2.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam kemampuan mengingat angka, huruf, warna, bentuk, ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 yang berjumlah 54 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan cara mengocok 3 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B Aisyiyah Bustanul Athfal 06 (mawar, anggrek, dan teratai). Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas mawar sebagai kelas eksperimen. Pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas anggrek sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, dan kelas kontrol 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 5, nilai tertinggi 9 dan nilai rata-rata 7,2 yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang memilki nilai terendah 4, nilai tertinggi 8 dan nilai rata-rata 5,6. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mengingat anak pada kelas eksperimen lebih baik dibanding anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,766; nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel (dk = (n1+n2)-2= 28; α=0,05). Harga ttabel dengan nilai N= 28 diperoleh 1,701. Sehingga diperoleh thitung> ttabel (3,766>1,701), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo Medan T. A 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 041 |
Keywords: | Kemampuan mengingat; Metode bernyanyi; Metode ceramah; Perkembangan anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 15:45 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25404 |