PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SMA HANG TUAH BELAWAN

Ridho, Muhammad (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SMA HANG TUAH BELAWAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146173013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146173013 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146173013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146173013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146173013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146173013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146173013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146173013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146173013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146173013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146173013 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146173013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146173013 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146173013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146173013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146173013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146173013 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146173013 BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146173013 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146173013 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146173013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146173013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi, torso, dan gambar dan pengetahuan awal siswa terhadap: (1) hasil belajar; dan (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan makanan manusia kelas XI di SMA Swasta Hang Tuah Belawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan penelitian pretest-postest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan konvensional. Pada kelas XI IPA1 diterapkan media animasi, kelas XI IPA2 diterapkan media torso, dan kelas XI IPA3 diterapkan media konvensional. Soal pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal essay. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covarian (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan bantuan software SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa (F= 4,266; P= 0.017). Siswa yang dibelajarkan dengan media animasi secara signifikan berbeda dengan siswa yang dibelajarkan dengan media gambar, tetapi tidak berbeda signifikan yang dibelajarkan dengan media torso; (2) Terdapat pengaruh media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F= 16,26; P= 0,00). Siswa yang dibelajarkan dengan media animasi secara signifikan berbeda dengan siswa yang dibelajarkan dengan media gambar tetapi tetapi tidak berbeda signifikan yang dibelajarkan dengan media torso; (3) Terdapat pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa (F = 3,662; P = 0,011). Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan media animasi, torso dan gambar tidak berbeda signifikan dengan siswa yang memiliki kamampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan media animasi torso dan gambar; dan (4) Terdapat pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F = 24,686; P = 0,000). Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan media animasi, torso dan gambar secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kamampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan media animasi, torso dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media animasi dan pengetahuan awal lebih baik dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.307 12 Rid p
Keywords: Media animasi; Pengetahuan awal; Hasil belajar; Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Aug 2017 15:45
Last Modified: 08 Aug 2017 09:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25401

Actions (login required)

View Item
View Item