Zunidar (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEEWARGANEGARAAN SISWA MAL IAIN SU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020350 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
2. 055020350 Abstrak.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. 055020350 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
4. 055020350 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 055020350 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 055020350 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar PendidikanKewarganegaraan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran sainsteknologi masyarakat dan strategi konvensional, (2) hasil belajar PendidikanKewarganegaraan antara siswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dan(3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hash belajarPendidikan Kewarganegaraan.Populasi penelitian adalah siswa kelas X MAL IAIN SU Medan yang berjumlah 4kelas dengan jumlah siswa 160, sampel penelitian ditetapkan untuk kelas X-2dilaksanakan pembelajaran sains teknologi masyarakat dan kelas X-3 dilaksanakanpembelajaran strategi konvensional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan clusterrandom sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tesberbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk menjaring data kemandiriansiswa digunakan tes angket yang berjumlah 35 pertanyaan. Metode penelitianmenggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian faktorial 2 x 2. Teknikanalisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar PendidikanKewarganegaraan siswa yang dibelajarkan dengan strategi sains teknologi masyarakat( X = 28,2) lebih tinggi daripada hash belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategikonvensional ( X= 27,05), dengan Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,968, (2) hasil belajarPendidikan Kewarganegaraan siswa dengan kemandirian tinggi X= 29,91) lebih tinggidaripada hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah ( X= 25,94), dengan Fhitung4,43 > Ftabel = 3,968. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirianterhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, melalui penghitungan statistikdiketahui Fhitung = 7,18 > Ftabel = 3,968). Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe jugamenunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkandengan strategi sains teknologi masyarakat dengan strategi konvensional dernikian jugahasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan kemandirian tinggi dengankemandirian rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Zun p |
Keywords: | Kemandirian Siswa; Hasil Belajar PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2539 |