Apriani, Nining (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTAPINANG TP. 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM_8146172053_COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM_8146172053_APPROVE SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM_8146172053_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM_8146172053_PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM_8146172053_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM_8146172053_TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM_8146172053_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM_8146172053_Chapter 1.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
12. NIM_8146172053_Chapter 5.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. NIM_8146178053_Bibliografi.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) apakah kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori.(2) apakah kepercayaan diri siswa yang yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa (5) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah memperoleh pendekatan matematika realistik (6) Peningkatan kepercayaan diri siswa setelah memperoleh pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotapinang dengan banyak sampel 69 Siswa yang terdiri dari 35 Siswa dari kelas eksperimen dan 34 siswa dari kelas kontrol. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 5,88 > ttabel = 2,75, (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran eskpositori. Hal ini terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 11,716 > ttabel = 2.75, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Hal ini matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 0,35 < Ftabel = 3,98, (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 6,47 < Ftabel = 3,124. Temuan penelitian merekomendasikan model pendekatan matematika realistik dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Apr p |
Keywords: | Model pendekatan realistik; Pembelajaran ekspositori; Kemampuan representasi matematis; Kepercayaan diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:28 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25353 |