Silitonga, Magna Anugrah Putriana (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131111018 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 4131111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 4131111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 4131111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 4131111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 4131111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4131111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4131111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4131111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 4131111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. NIM. 4131111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM. 4131111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar
matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran
Matematika Realistik dan (2) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Konvensional
(3) mengetahui bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi
dibandingkan Pendekatan Pembelajaran Konvensional pada materi Statistika di
kelas X SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.
Sampel dalam penelitian ini terdiri siswa kelas X MIPA 4 yang jumlah siswanya
36 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran
Konvensional dan siswa kelas X MIPA 5 yang jumlah siswanya 36 sebagai kelas
eksperimen yang diajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika
Realistik. Prosedur yang pertama dalam penelitian ini adalah memberi tes
kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan awal
siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas
pretest adalah 61,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,68. Setelah
pembelajaran melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, hasil
belajar di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 53,7% sedangkan
kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvesional mengalami peningkatan
sebesar 40,28% dengan demikian persentase gain di kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan
Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi dibandingkan hasil belajar
matematika siswa yang diajar dengan Pendekatan Konvensional di kelas X SMA
Negeri 14 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 113 |
Keywords: | Perbedaan, Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:41 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25347 |