PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA MARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sitompul, Fitriana Dewi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA MARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7103142029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7103142029 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7103142029 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7103142029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7103142029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7103142029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7103142029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7103142029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7103142029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7103142029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7103142029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7103142029 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7103142029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7103142029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7103142029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7103142029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7103142029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7103142029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7103142029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7103142029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7103142029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7103142029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Mardi Lestari Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions adalah nilai rata-rata pre-test 40,38 dengan simpangan baku 10,46 dan rata-rata post-test 70,25 dengan simpangan baku 11,26. Sedangkan hasil belajar siswa yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions adalah nilai rata-rata pre-test 38,13 dengan simpangan baku 10,17 dan post-test sebesar 63,63 dengan simpangan baku 10,19. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,81>1,667 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Student Teams Achievement Divisions dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 105
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS; METODE KONVENSIONAL; DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:39
Last Modified: 17 Apr 2018 08:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25340

Actions (login required)

View Item
View Item