Sitompul, Fitriana Dewi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA MARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7103142029 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7103142029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
3. NIM. 7103142029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 7103142029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 7103142029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 7103142029 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7103142029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7103142029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 7103142029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM. 7103142029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 7103142029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Mardi Lestari Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions adalah nilai rata-rata pre-test 40,38 dengan simpangan baku 10,46 dan rata-rata post-test 70,25 dengan simpangan baku 11,26. Sedangkan hasil belajar siswa yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions adalah nilai rata-rata pre-test 38,13 dengan simpangan baku 10,17 dan post-test sebesar 63,63 dengan simpangan baku 10,19. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,81>1,667 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Student Teams Achievement Divisions dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas IPS SMA Swasta Mardi Lestari Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 105 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS; METODE KONVENSIONAL; DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:39 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25340 |