Tambun, Feby Angelina (2017) MENGUBAH KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERAPI REALITAS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151018_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1133151018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 1133151018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1133151018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 1133151018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1133151018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133151018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133151018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133151018_BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
13. NIM. 1133151018_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1133151018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui layanan
konseling kelompok terapi realitas dapat mengubah kepercayaan diri siswa kelas
IX SMA Negeri 7 Medan T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk
“mengatasi masalah kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 7 MEDAN
melalui layanan konseling kelompok teknik terapi realitas”. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan
berjumlah 7 orang. Instrument yang digunakan adalah observasi dan angket untuk
menjaring data tentang kepercayaan diri siswa. Penelitian ini PTBK dengan
pelaksanaan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 kali
pertemuan dengan alokasi waktu 40 menit. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel,
yaitu variabel bebas (Konseling Kelompok Terapi Realitas) dan variabel terikat
(Percaya Diri).
Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan konseling kelompok,
kepercayaan diri siswa dengan hasil rata-rata 28,57% masuk dalam kategori
sangat rendah. Setelah diberi layanan konseling kelompok pada siklus I dengan 3
kali pertemuan kepercayaan diri siswa dengan hasil rata-rata 57,14% dalam
kategori sedang dan pada siklus II dengan 3 kali pertemuan mendapat hasil ratarata
85.7% masuk dalam kategori baik. Dengan demikian, hipotesis yang
diajukan, yaitu: “Melalui layanan konseling kelompok terapi realitas dapat
mengubah kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan T.A 2016/2017”
dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 026 |
Keywords: | - |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF608 Will. Volition. Choice. Control L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25331 |