Dewi, Nurkesuma (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 025020152 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
2. 025020152 Abstrak.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. 025020152 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
4. 025020152 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 025020152 Bab V.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
6. 025020152 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh strtaegipembelajaran elaborasi dan konvensional terhadap hasil belajar Biologi,pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar Biologi, dan interaksi antarastrategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Biologi siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalampenelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dari 10 kelas XI SMA Negeri IMedan. Sedangkan sampel berjumlah 40 orang yang diambil dari 2 kelas denganmenggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebihdahulu sampel penelitian diberikan tes gaya kognitif untuk mengetahui jenis gayakognitif yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar biologi digunakan untukmenjaring data penelitian guna menguji hipotesis penelitian yang sebelumnya testerlebih dahulu diujicoba untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitasnya.Statistik yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif untukmenyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian.Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dan sebelumdigunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu ujinormalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians menggunakanuji Bartlet. Jika terdapat interaksi antara variabel penelitian, analisis dilanjutkandengan menggunakan uji Scheffe.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa strategi pembelajaranelaborasi dan strategi pembelajaran konvensional memberi pengaruh yangberbeda terhadap hasil belajar Biologi. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 5,12 >Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α= 0,05 dengan dk = (1,76). Gaya kognitiffield independent dan gaya kognitif field dependent memberikan pengaruh yangberbeda terhadap hasil belajar Biologi. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 13,43 >Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76), dan terdapatinteraksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajarBiologi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 30,71 > Ftabel = 3,97 pada tarafsignifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76). Berdasarkan hasil penelitian ini, makadiharapkan kepada guru-guru Biologi untuk meningkatkan kemampuanmengelola dan merencanakan pembelajaran agar hasil belajar yang dicapaisiswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Nur p |
Keywords: | Gaya Kognitif; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2533 |