Sitohang, Nopita Hastuti (2017) KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XII SMK SWASTA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311017 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 2133311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
3. NIM 2133311017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM 2133311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 2133311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 2133311017 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 2133311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 2133311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
12. NIM 2133311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
13. NIM 2133311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hasil kemampuan menulis surat resmi: studi kasus
pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Kajian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis surat resmi.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, (1) bagaimana
kemampuan siswa menulis surat resmi ditinjau dari aspek struktur surat. (2)
bagaimana kemampuan siswa menulis surat resmi ditinjau dari aspek pilihan kata.
Permasalahan tersebut diteliti di SMK Swasta Marisi Medan. Penelitian ini
menggunakan sumber data yaitu sebanyak 30 siswa dengan Metode Penelitian
Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes uraian (essay)
dan pedoman penilaian surat resmi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis surat resmi:studi kasus
pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan tergolong kedalam kategori
cukup yang didasarkan dua kriteria penilaian yaitu dari aspek struktur dan aspek
pilihan kata yang mencakup ketepatan kata dan kesesuaian kata. Kemampuan
menulis surat resmi berdasarkan aspek struktur memperoleh skor (74,32) kategori
cukup. Hal tersebut terlihat dari kelengkapan bagian-bagian surat dan penulisan
yang baik. Untuk aspek pilihan kata memperoleh skor (59,60) kategori kurang.
Hal tersebut terlihat dari ketepatan kata dan kesesuaian kata. Hasil analisis
kemampuan menulis surat resmi berdasarkan tabel distribusi presentase nilai
kemampuan menulis surat resmi menunjukkan pada kategori sangat baik (3,33%),
kategori baik (43,33%), kategori cukup (30%), kategori kurang (16,66%) dan
kategori sangat kurang (6,66).
Melalui penelitian ini harapannya guru bahasa Indonesia khususnya guru bahasa
Indonesia di SMK Swasta Marisi Medan dapat mengetahui kemampuan siswa
terkhusus dalam menulis surat resmi. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka
guru dapat lebih memperhatikan kekurangan siswa dalam menulis surat resmi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 088 |
Keywords: | Kemampuan Menulis, Menulis Surat, Surat Resmi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:37 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25325 |