PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA DI SMK BM SINAR HUSNI T.P 2016/2017

Sitanggang, Herwinta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA DI SMK BM SINAR HUSNI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133141033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133141033 COVER.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133141033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133141033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133141033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133141033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133141033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133141033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133141033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133141033 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133141033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133141033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133141033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133141033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7133141033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7133141033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133141033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
korespondensi bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dan model
pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
korespondensi bahasa Indonesia di SMK BM Sinar Husni Helvetia Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Helvetia, yang
beralamat di Jln.Veteran, gg.Utama Pasar V Helvetia, Kota Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X PK di SMK BM Sinar Husni Helvetia
yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 142 orang. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas Eksperimen 1
(X PK 2) dan kelas Eksperimen 2 (X PK 3) yang masing-masing berjumlah 35
orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa ratarata
nilai postest siswa kelas Eksperimen 1 sebesar 80,57 dengan standar deviasi
12,113 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen 2 sebesar 75,57 dengan
standar deviasi sebesar 11, 743. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa =
1,756 dan = 1,687 pada taraf nyata α = 0,05, setelah membandingkan
dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh > yaitu 1,756
>1,687.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model
pembelajaran Creative Problem Solving dan Explicit Instruction terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia kelas X PK
SMK BM Sinar Husni Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hasil belajar
kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model Creative Problem
Solving lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas eksperimen 2 yang diberi
perlakuan dengan model Explicit Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 054
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Explicit Instruction; hasil belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:33
Last Modified: 09 Aug 2017 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25311

Actions (login required)

View Item
View Item