Simatupang, Juliana (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DENGAN PENGGUNAAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BM SINAR HUSNI MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7133142024 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2 NIM7133142024 Lembar Persetujuan Skripsi.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3 NIM 7133142024KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4 NIM 7133142024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5 NIM 7133142024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6 NIM 7133142024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7 NIM 7133142024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8 NIM 7133142024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9 NIM 7133142024 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13 NIM 7133142024 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14 NIM 7133142024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktiviatas dan hasil
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan
hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Improve
dengan penggunaan LKS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa pada materi ayat jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang T.P
2016/2017
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM sinar Husni Medan yang beralamat
di jalan Peteran Gg Utama Pasar V Medan Helvetia. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan
subjek penelitian ini adalah kelas X AK 1 yang bejumlah 33 orang siswa dan
objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Improve Dengan
Penggunaan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk
menilai aktivitas siswa dan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dan essay.
Dari hasil lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya
mencapai 48,48% dari jumlah siswa di kelas X AK 1 dan pada siklus II meningkat
menjadi 84,84% dimana mengalami peningkatan sebesar 36,36%. Dari hasil
analisi data diperoleh data nilai rata-rata dari tes sebelum Penerapan Model
Pembelajaran Improve Dengan Penggunaan LKS adalah 51,21 dengan jumlah
siswa yang tuntas sebanyak 8 orang siswa atau 24,24%. Sedangkan pada tes siklus
I nilai rata-rata siswa menjadi 73,10 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak
14 orang siswa atau 42,42%. Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi
82,72 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 orang siswa atau 81,81% dari
jumlah siswa di kelas X AK 1.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Improve Dengan
Penggunaan LKS Untuk Meningkatkan dan berpengaruh Aktivitas Dan Hasil
Belajar Akuntansi Siswa pada materi ayat jurnal penyesuaian pada perusahaan
dagang T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 114 |
Keywords: | Model Pembelajaran Improve Dengan Penggunaan LKS, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25310 |