Siregar, Fauzatul Imtihani (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131020 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4131131020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM 4131131020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4131131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 4131131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM 4131131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4131131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4131131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4131131020 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM 4131131020 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4131131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
Project Based Learning berbasis Science, Environment, Technology, Society
(SETS) terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap
siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan T.A. 2016/ 2017 menggunakan rancangan
penelitian Control Group Pretes- Postes. Populasi pada penelitian ini berjumlah
320 siswa yang terdiri dari kelas XI MIA 1 s/d XI MIA 8. Penentuan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan penentuan kelas
eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak karena siswa memiliki
kemampuan awal yang sama. Kelas Eksperimen diberikan pembelajaran
menggunakan model Project Based Learning berbasis Science, Environment,
Technology, Society (SETS) sedangkan kelas kontrol menggunakan metode
konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal
objektif untuk menilai hasil belajar siswa dan instrumen nontes berupa lembar
observasi untuk menilai aktivitas belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah uji t pihak kanan serta analisis regresi dan korelasi pada taraf
signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar
siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning berbasis Science,
Environment, Technology, Society (SETS) lebih tinggi dibandingkan siswa yang
dibelajarkan dengan metode konvensional. Rata- rata hasil belajar siswa kelas
eksperimen adalah 84,9 dengan rata- rata aktivitas 71,9, sedangkan rata- rata hasil
belajar siswa kelas kontrol adalah 77,6 dengan rata- rata nilai aktivitas belajar
68,75. Berdasarkan analisis regresi dan korelasi aktivitas terhadap hasil belajar
siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
aktivitas dan hasil belajar dengan koefisien korelasi 0,801 serta besarnya
kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa sebesar 64,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 104 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Project Based Learning; Pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:32 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25306 |