Juliandini, Gelis (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA LKS DAN KARTU SOAL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331008 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133331008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM 4133331008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 4133331008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 4133331008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 4133331008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM 4133331008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4133331008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4133331008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
10. NIM 4133331008 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
14. NIM 4133331008 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM 4133331008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media LKS dibandingkan dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media kartu soal pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan LKS dibandingkan dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan kartu soal pada pokok bahasan hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2016/2017. Data hasil analisis penelitian bahwa nilai gain di kelas eksperimen I mencapai 73,19% dan di kelas eksperimen II 67,57%. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I (33,78) dan postes (82,42) dan hasil di kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretes (33,48) dan postes (78,48). Besar perbedaan peningkatan hasil belajar kimia yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media LKS dan diajarkan dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media kartu soal pada pokok bahsan hidrolisis garam diperoleh sebesar 5,62%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 106 |
Keywords: | Hasil Belajar, media, model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), hidrolisis garam |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:31 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25304 |