Situmeang, Putri Nandi (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131048 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 4133131048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4133131048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 4133131048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM. 4133131048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4133131048 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 4133131048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 4133131048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
9. NIM. 4133131048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
13. NIM. 4133131048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4133131048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Posing dan tipe Think Pair Share (TPS) dengan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada materi Konsep Mol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan sebanyak tiga kelas. Sampel penelitian berjumlah dua kelas yang diambil dengan tehnik sampling purposif. Satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Problem Posing, dan satu kelas lagi sebagai kelas eksperimen II yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Kedua kelas eksperimen diberikan media yang sama yaitu Macromedia Flash. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa. Data yang diperoleh yang dianalisis dengan uji t-dua pihak adalah hasil belajar kelas eksperimen I (66,66 ± 5,209) dan hasil belajar kelas eksperimen II (66,25 ± 6,138). Hasil uji t diperoleh kriteria pengujian thit < - t ½ α dan thit > t ½ α pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 70. Ternyata hasil yang diperoleh thitung > -ttabel dan thitung < ttabel yaitu 0,310514 > - 1,99 dan 0,310514 < 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Posing dan tipe Think Pair Share (TPS) dengan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar kimia siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 110 |
Keywords: | Problem Posing ; Think Pair Share (TPS) ; Hasil Belajar Kimia Siswa SMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25292 |