PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF THERAPY TEKNIK ASSERTIVE ADAPTIVE TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Perangin-angin, Helena Rosa (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF THERAPY TEKNIK ASSERTIVE ADAPTIVE TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133351062_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133351062_COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133351062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133351062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133351062_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133351062_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133351062_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133351062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133351062_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133351062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133351062_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133351062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133351062_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133351062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133351062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133351062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133351062_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133351062_BAB I.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133351062_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133351062_BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133351062_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133351062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh
konseling kelompok pendekatan rasional therapy tekni assertive adaptive terhadap
perilaku sibling rivalry siswa kelas VII-2 SMP Negeri 18 Medantahun ajaran
2016/2017”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konseling
kelompok pendekatan rasional emotif therapy teknik assertive adaptive terhadap
perilaku sibling rivalry siswa kelas VII-2 SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran
2016/2017”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang
dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan
subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki perilaku sibling
rivalry di kelas VII-2 SMP Negeri 18 Medan yang berjumlah 8 orang siswa.
Instrumen yang digunakan adalah angket yang menjaring data siswa yang memiliki
perilaku sibling rivalry yang sebelumnya diuji coba untuk mengetahui validitas dan
relibialitas angket. Angket diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling
kelompok pendekatan rasional emotif therapy teknik assertive adaptive. Teknik
analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy
teknik assertive adaptive terhadap perilaku sibling rivalry siswa kelas VII-2 SMP
Negeri 18 Medan . terdapat rata-rata pre-test 81,4 dengan SD 10,13 dan rata-rata
post-test 37,4 dengan SD 5,15. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang
diperoleh dari perhitungan dengan hasil jhitung < jtabel = (-2,53<-1,96). Maka hipotesis
yang menyatakan bahwa “ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan
rasional emotif therapy teknik assertive adaptive terhadap perilaku sibling rivalry
siswa kelas VII-2 SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 028
Keywords: SIBLING RIVALRY, KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF THERAPY, TEKNIK ASSERTIVE ADAPTIVE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:02
Last Modified: 04 Aug 2017 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item
View Item