Lumbantoruan, Oktavia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP N 27 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.7133141078.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
NIM.7133141078.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
NIM.7133141078.BIBLIOGRAPHY..pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
NIM.7133141078.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
NIM.7133141078.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
NIM.7133141078.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
NIM.713314078.APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
NIM.7133141078.TBLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
NIM.7133141078.TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Terpadu
kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif STAD
terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun
Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A
2016/2017 yang berjumlah 362 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah random sampling (acak) yaitu dengan menggunakan dua kelas
yaitu VIII - 2 sebagai kelas eksperimen I dan VIII – 4 sebagai kelas eksperimen II
yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda
sebanyak 20 item tes dengan 4 pilihan option. Dimana sebelumnya telah diuji
cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat
kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan
model pembelajaran Kooperatif STAD (
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 051 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Pelajaran IPS Terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:02 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25277 |