Ambarita, Dame (2017) PENGARUH MEDIA E-LEARNING DAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133342012 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM 7133342012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
3. NIM 7133342012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM 7133342012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM 7133342012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 7133342012 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 7133342012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 7133342012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 7133342012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM 7133342012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM 7133342012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi
siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2016/2017. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh media e-learning dan kurikulum 2013
terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak
T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak yang beralamat di
Jl. Pertahanan Ujung Kec. Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak yang
terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang dan seluruhnya menjadi sampel
dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel bebas dan studi
dokumentasi (DKN) untuk variabel prestasi belajar. Angket media e-learning
dinyatakan reliabel dengan alpha cronbach 0,952 dan 0,907 angket kurikulum
2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,
determinasi R2, untuk mengukur pengaruh secara parsial digunakan uji T, dan
untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0
diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 45.212 + 0,235X1 + 0,255X2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel media e-learning (X1)
memiliki pengaruh signifikan karena titung > ttabel yaitu 2,547 > 1,667. Dan variabel
kurikulum 2013 (X2) memiliki pengaruh signifikan karena titung > ttabel yaitu 2,343
> 1,667. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh
signifikan terhadap Y, hal ini terlihat dari hasil perhitungan bahwa Fhitung > Ftabel
yaitu 18,679 > 3,13. Persentase sumbangan media e-learning dan kurikulum 2013
terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,1%. Berdasarkan hasil analisis tersebut
dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
media e-learning terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. 2) Terdapat pengaruh
positif dan signifikan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. 3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan media e-learning dan kurikulum 2013
secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 115 |
Keywords: | Media E-Learning, Kurikulum 2013, dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25267 |