Azwar, Wilda (2017) PENGARUH MEDIA LKS DALAM MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4133131061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 4133131061 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
NIM. 4133131061 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM. 4133131061 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 4133131061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM. 4133131061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
NIM. 4133131061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 4133131061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM. 4133131061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
NIM. 4133131061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL tanpa
media LKS pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit; 2) mengetahui apakah
kemandirian belajar siswa yang diajar menggunakan media LKS dalam model
pembelajaran CTL lebih tinggi daripada kemandirian belajar siswa yang diajar
dengan model pembelajaran CTL tanpa media LKS pada materi larutan elektrolit
dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
PAB 4 Sampali yang berjumlah tiga kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua
kelas, dimana kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran CTL tanpa
media LKS dan kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran CTL
dengan media LKS. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling random
sederhana. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes postes control group
design. Data hasil penelitian diperoleh dari instrumen tes hasil belajar berupa tes
pilihan ganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi kemandirian belajar
siswa. Uji hipotesis menggunakan independent samples t-test dengan aplikasi SPSS
21. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji persyaratan analisis, data berdistribusi
normal dan homogen; (2) uji hipotesis I, signifikan (1-tailed) 0,1725 > 0,05 maka
terima Ho; dan (3) uji hipotesis II, signifikan (1-tailed) 0,005 < 0,05 maka tolak Ho.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media LKS
dalam model pembelajaran CTL tidak lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang
diajar tanpa menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL pada materi
larutan elektrolit dan non elektrolit, tetapi kemadirian belajar siswa yang diajar
menggunakan media LKS dalam model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada
kemandirian belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media LKS dalam
model pembelajaran CTL pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 122 |
Keywords: | MEDIA LKS;MODEL PEMBELAJARAN CTL;HASIL BELAJAR;KEMANDIRIAN BELAJAR;LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25264 |