PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Hutagaol, Blesstri Julietta (2017) PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133331047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133331047 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133331047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133331047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133331047 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133331047 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133331047 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133331047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133331047 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133331047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133331047 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133331047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133331047 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133331047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133331047 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133331047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133331047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133331047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4133331047 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4133331047 BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133331047 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133331047 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133331047 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133331047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari enam kelas. Sampel pada penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I dengan menggunakan Macromedia Flash pada model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa Macromedia Flash. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option jawaban sebanyak 20 soal yang telah divalidkan. Data dianalisis menggunakan uji-t pihak kanan setelah diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 0,795 ± 0,064 dan rata-rata gain kelas kontrol 0,698 ± 0,068. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (5,63 > 1,6723), menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu Penggunaan Macromedia Flash pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I sebesar 79,5 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 69,8% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 123
Keywords: PENINGKATAN HASIL BELAJAR; MACROMEDIA FLASH; PROBLEM BASED LEARNING; LARUTAN PENYANGGA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:01
Last Modified: 04 Aug 2017 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25263

Actions (login required)

View Item
View Item