Hutagaol, Blesstri Julietta (2017) PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331047 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 4133331047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 4133331047 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4133331047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 4133331047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
6. NIM 4133331047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 4133331047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4133331047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4133331047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. NIM 4133331047 BAB I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
14. NIM 4133331047 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4133331047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari enam kelas. Sampel pada penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I dengan menggunakan Macromedia Flash pada model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa Macromedia Flash. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option jawaban sebanyak 20 soal yang telah divalidkan. Data dianalisis menggunakan uji-t pihak kanan setelah diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 0,795 ± 0,064 dan rata-rata gain kelas kontrol 0,698 ± 0,068. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (5,63 > 1,6723), menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu Penggunaan Macromedia Flash pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I sebesar 79,5 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 69,8% .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 123 |
Keywords: | PENINGKATAN HASIL BELAJAR; MACROMEDIA FLASH; PROBLEM BASED LEARNING; LARUTAN PENYANGGA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25263 |