HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA BELAJAR OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TI PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ashary, Mhd Fajar (2017) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA BELAJAR OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TI PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 5103122026 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 5103122026 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 02. 5103122026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. 5103122026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 03. 5103122026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. 5103122026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 04. 5103122026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. 5103122026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 05. 5103122026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. 5103122026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 06. 5103122026 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. 5103122026 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 07. 5103122026 TABLE.pdf]
Preview
Text
07. 5103122026 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 08. 5103122026 APENDICES.pdf]
Preview
Text
08. 5103122026 APENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 09. 5103122026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. 5103122026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5103122026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 5103122026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5103122026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 5103122026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar dengan hasil belajar gambar teknik dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan kreativitas belajar, persepsi siswa terhadap media belajar, dan hasil belajar gambar teknik.Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 52 orang siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 46 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling.Data variabel kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar gambar teknik diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket kreativitas belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 2 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 28 butir angket dengan reliabilitas 0,852 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan persepsi siswa terhadap media belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 2 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 28 butir angket dengan reliabilitas 0,894 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kreativitas belajar dengan hasil belajar gambar tekniky1,2 sebesar 0,394, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,291. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel persepsi siswa terhadap media belajar dengan hasil belajar gambar teknik ry2,1 sebesar 0,607, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,291.Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar gambar teknik dengan koefisien korelasi r sebesar 0,535 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi r2 sebesar 0,375 yang berarti 37,5% bahwa hasil belajar gambar teknik dapat dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 OTM 029
Keywords: Kreativitas Belajar; Persepsi Siswa Terhadap Media Belajar; Menggambar Teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2017 10:12
Last Modified: 03 Aug 2017 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item
View Item