Ashary, Mhd Fajar (2017) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA BELAJAR OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TI PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5103122026 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
02. 5103122026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
03. 5103122026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
04. 5103122026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
05. 5103122026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
06. 5103122026 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07. 5103122026 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. 5103122026 APENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
09. 5103122026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13. 5103122026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. 5103122026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar dengan hasil belajar gambar teknik dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan kreativitas belajar, persepsi siswa terhadap media belajar, dan hasil belajar gambar teknik.Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 52 orang siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 46 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling.Data variabel kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar gambar teknik diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket kreativitas belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 2 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 28 butir angket dengan reliabilitas 0,852 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan persepsi siswa terhadap media belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 2 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 28 butir angket dengan reliabilitas 0,894 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kreativitas belajar dengan hasil belajar gambar tekniky1,2 sebesar 0,394, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,291. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel persepsi siswa terhadap media belajar dengan hasil belajar gambar teknik ry2,1 sebesar 0,607, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,291.Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar gambar teknik dengan koefisien korelasi r sebesar 0,535 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi r2 sebesar 0,375 yang berarti 37,5% bahwa hasil belajar gambar teknik dapat dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan persepsi siswa terhadap media belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 029 |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Persepsi Siswa Terhadap Media Belajar; Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 10:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25222 |