Khairani, Rizki (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (SOUND SLIDE) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SISWA KELAS SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122142009 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 5122142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 5122142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 5122142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 5122142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 5122142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5122142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM. 5122142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
12. NIM. 5122142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
13. NIM. 5122142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual (sound slide) pada pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. 2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan audio visual (sound slide) pada pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. 3) Pengaruh penggunaan audio visual (sound slide) terhadap hasil belajar Pengetahuan Bahan Makanan. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Waktu penelitian dilaksanakan pada Januari 2017 - April 2017. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat (χ2), uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual (sound slide) sebagian besar 56,67 persen termasuk kategori cenderung tinggi. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media (sound slide) sebagian besar 93,33 persen termasuk kategori cenderung cukup. Uji normalitas pada siswa yang menggunakan media audio visual diperoleh χ2hitung<χ2tabel (10,720<11,070), sedangkan uji normalitas pada siswa yang tidak menggunakan media audio visual diperoleh χ2hitung<χ2tabel (8,049<11,070). Uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel (1,26<1,95 ). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung>ttabel = 5,561 >1,671 pada taraf signifikan 5 persen. Sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media audio visual (sound slide) terhadap hasil belajar Pengetahuan Bahan Makanan Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Artinya media audio visual (sound slide) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 043 |
Keywords: | Penggunaan media audio visual (sound slide); Pengetahuan bahan makanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 10:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25213 |