PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Silalahi, Herlin (2017) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 7132141046 COVER.PDF]
Preview
Other
1.NIM 7132141046 COVER.PDF - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 7132141046 LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Other
2.NIM 7132141046 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 7132141046 KATA PENGANTAR.PDF]
Preview
Other
3.NIM 7132141046 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 7132141046 ABSTRAK.PDF]
Preview
Other
4.NIM 7132141046 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 7132141046 DAFTAR ISI.PDF]
Preview
Other
5.NIM 7132141046 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 7132141046 DAFTAR TABEL.PDF]
Preview
Other
6.NIM 7132141046 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 7132141046 DAFTAR GAMBAR.PDF]
Preview
Other
7.NIM 7132141046 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 7132141046 DAFTAR LAMPIRAN.PDF]
Preview
Other
8.NIM 7132141046 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 7132141046 BAB 1.PDF]
Preview
Other
9.NIM 7132141046 BAB 1.PDF - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 7132141046 BAB 5.PDF]
Preview
Other
13.NIM 7132141046 BAB 5.PDF - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 7132141046 DAFTAR PUSTAKA.PDF]
Preview
Other
14.NIM 7132141046 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Jalan cucak rawa II No.3
Perumnas Mandala Kabupaten Deli Serdang, dengan populasi dalam penelitian ini
sebanyak 167 orang siswa sampel yang diambil sebanyak 83 orang siswa dengan
teknik simpel random sampling.dan instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa angket atau kuesioner.Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu
dilakukan uji validtas angket dan reliabelitas angket. Analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda ,uji hipotesis dilakukan
dengan uji secara parsial(uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara pendapatan orang tua terhadap prestasi prestasi belajar IPS siswa
dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,024 > 1,664. 2.Terdapat pengaruh
positif dan signifikan antar lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa
dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,853 > 1,664. 3.Terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dan lingkungan sekolah secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa dibuktikan dengan nilai Fhitung
>Ftabel atau 11,052 > 3,11. Besarnya sumbangan dan antara variable bebas
terhadap variable terikat yang diperoleh melalui perhitungan Koefisien
determinasi yaitu sebesar 0,216 yang artinya sekitar 21,6 % prestasi belajar IPS
siswa (Y) dipengaruhi oleh pendapatan orang tua (X1) dan lingkungan sekolah
(X2).
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara pendapatan orang tua dan lingkungan sekolah terhadap
prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun
Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 102
Keywords: Pendapatan Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:06
Last Modified: 03 Aug 2017 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item
View Item