Nainggolan, Abdi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TRI SAKTI LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5113121001 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
03. 5113121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
02. 5113121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
04. 5113121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
05. 5113121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
06. 5113121001 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
07. 5113121001 TABLE.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
08. 5113121001 APENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
09. 5113121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
13. 5113121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. 5113121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar Teknik Pengelasan pada siswa kelas X Teknik
Kendaraan Ringan di SMK Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017.
Teknik Pengelasan merupakan salah satu program mata pelajaran pada
pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Kendaraan Ringan.melalui
tindakan berupa penerapan model pembelajaran Problem Posing. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2
pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas X TKR SMK Tri Sakti Lubuk Pakam yang terdiri dari 22
orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test berupa
pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Teknik
Pengelasan pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Tri Sakti
Lubuk Pakam . Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan
belajar secara klasikal yakni 68,18% pada siklus I dan 81,81% pada siklus II, serta
pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 71,09 pada siklus I dan 79,09 pada siklus
II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 074 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing, Hasil Belajar Siswa, dan Teknik Pengelasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:57 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25184 |