Pangemanan, Nurul Hanie (2017) PENGARUH LAYANAN KONSE;LING INTENSIF DENGAN MEDIA SUPERHERO TERHADAP KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351010_COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 1133351010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 1133351010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 1133351010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 1133351010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 1133351010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 1133351010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 1133351010_BAB I.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
12. NIM. 1133351010_BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. NIM. 1133351010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling
kelompok intensif dengan media superhero terhadap penurunan kecemasan
komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 35 Medan T.A
2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d Mei 2017. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental dengan jenis Pre
test-post test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Sampel ditarik dengan menggunakan metode
purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas VIII-7 dengan
sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
angket kecemasan komunikasi interpersonal berjumlah 28 item pernyataan yang
telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari
analisis data diperoleh J hitung = 23,5 dengan = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari
data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 23,5 > 8. Artinya hipotesis
diterima Data pre-test diperoleh rata-rata 760, sedangkan data post-test setelah
diberikan layanan konseling kelompok intensif dengan media superhero diperoleh
rata-rata sebesar 382. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan
konseling kelompok intensif dengan media superhero lebih rendah dari pada
sebelum mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan media superhero.
Perubahan pengurangan interval perilaku kecemasan komunikasi interpersonal
siswa setelah diberi layanan konseling kelompok intensif dengan media superhero
sebesar 37%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok
intensif dengan media superhero terhadap siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 35
Medan Tahun Ajaran 2016/2017 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 031 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, SUPERHERO, KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:55 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25181 |