Sihombing, Resna N (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 DOLOKSANGGUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7131142034 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2 NIM. 7131142034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3 NIM. 7131142034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4 NIM. 7131142034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5 NIM. 7131142034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6 NIM. 7131142034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7 NIM. 7131142034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8 NIM. 7131142034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9 NIM. 7131142034 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13 NIM. 7131142034 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14 NIM. 7131142034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih
tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Problem Open Ended dengan strategi Small Group Work terhadap
hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Doloksanggul Tahun
Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan Di SMK Negeri 1 Doloksanggul, Jl. Bonandolok
KM 2,5 Doloksanggul. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X AK
di SMK Negeri 1 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 128
0rang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 sebagai
kelas eksperimen dan siswa kelas X AK 1sebagai kelas kontrol yang masing-masing
berjumlah 32 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes
diberikan kepada sampel penelitian, maka tes penelitian terlebih dahulu di uji
cobakan di kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Doloksanggul sebanyak 30 soal. Hal ini
dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran
soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu
dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan
homogenitas data.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pre-test kelas
eksperimen 60,83 dengan Standar Deviasi 9,29 dan skor rata-rata pre-test kelas
kontrol 60,83 dengan Standar Deviasi 9,65 dan post-tes kelas eksperimen 82 dengan
Standar Deviasi 8,76 dan skor rata-rata post-test kelas kontrol 76,83 dengan Standar
Deviasi 7,82. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Problem Open
Ended dengan strategi Small Group Work terhadap hasil belajar akuntansi siswa
yang dilihat dari perbedaan hasil belajar akuntansi dalam dua kelompok belajar
tersebut. Dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar
kelas kontrol. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga
homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian
hipotesis dengan menggunakan analisis dua beda rata-rata dengan dk=(n1+n2)-2 pada
taraf signifikan α=0,05 diperoleh thitung sebesar 2,60 dan ttabel sebesar 1,671 atau thitung
> ttabel (2,60 > 1,671), yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
positif dan signifikan model pembelajaran Problem Open Ended dengan strategi
Small Group Work terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK Negeri
1 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada materi pembelajaran Ayat jurnal
penyesuaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 118 |
Keywords: | model ppembelajaran problem open ended dengan strategi small group work, hasil belajar akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25169 |