Jannah, Fatihara (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA LKS DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331059 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4133331059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM 4133331059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4133331059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
5. NIM 4133331059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 4133331059 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 4133331059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 4133331059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 4133331059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
13. NIM 4133331059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
menggunakan media LKS dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan kartu soal pada materi
konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA
Negeri 1 Pancur Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas dengan pengambilan sampel dilakukan
secara purposive untuk mengambil kelas ekperimen I dan eksperimen II. Dimana
kelas eksperimen I siswa diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) menggunakan media LKS sedangkan kelas eksperimen II siswa
diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
menggunakan kartu soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal
soal yang telah di uji validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS dengan hasil belajar
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) menggunakan kartu soal pada materi konsep mol di SMA Negeri 1 Pancur
Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa gain
di kelas eksperimen I mencapai 78,78% dan di kelas eksperimen II 72,15%. Nilai
rata-rata pretest kelas eksperimen I (22,67) dan posttest (83,67). Hasil pada kelas
eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest (25,33) dan postest (79,50). Besarnya
perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS dan yang
diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
menggunakan media kartu soal kartu soal pada materi konsep mol diperoleh sebesar
6,63%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 148 |
Keywords: | Hasil Belajar ; Media ; Problem Based Learning (PBL) ; Konsep Mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:44 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25163 |