Purba, Jellita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7133142023 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2 NIM. 7133142023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3 NIM. 7133142023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4 NIM. 7133142023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5 NIM. 7133142023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6 NIM. 7133142023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7 NIM. 7133142023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8 NIM. 7133142023 DAFTAR LAMIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9 NIM. 7133142023 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13 NIM. 7133142023 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14 NIM. 7133142023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak yang beralamat di
Jl. Pertahanan Ujung Desa Patumbak 1 Kec.Patumbak. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Learning Together dengan Metode Drill lebih tinggi dibanding hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak di SMK Negeri 1
Patumbak T.P 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 72 orang. Teknik
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin yang
dilakukan adalah random sampling dengan teknik undian yaitu kelas X Ak1
sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ak 2 sebanyak
30 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa dalam bentuk tes pilihan
berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk
mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas digunakan uji Liliefors,
uji Homogenitas menggunakan uji F dan Pengujian Hipotesis menggunakan
analisis dua beda rata-rata dengan dk=(n1+n2)-2 pada taraf α= 0,05.
Dari hasil análisis diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang diajar
dengan menggunakan model Learning Together dengan Metode Drill lebih tinggi
( ̅=85,33) dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran
konvensional ( ̅=79,33) secara signifikan. Hal ini terbukti berdasarkan hasil
pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu (2,241>1,689), dengan kata lain
bahwa hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Together dengan
Metode Drill lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas
X Ak di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 122 |
Keywords: | model pembelajaran learning together dengan metode drill;metode pembelajaran konvensional;hasil belajar akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:43 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25161 |