Sihombing, Dartianna (2017) PENGEMBANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132131004 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM 4132131004 LEMBAR PEGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM 4132131004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM 4132131004 KATA PENGANTA.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM 4132131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 4132131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM 132131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4132131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 4132131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
13. NIM 4132131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM 4132131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis
kontekstual pada pengajaran kesetimbangan asam basa. Adapun tujuan penelitian
ini untuk mengembangkan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual pada
pengajaran kesetimbangan asam basa. Penelitian ini menggunakan metode
research and development, yaitu diawali dengan pengembangan buku ajar melalui
inovasi pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan bentuk-bentuk inovasi ke
dalam buku ajar untuk memperoleh buku kimia standar sesuai BSNP. Buku ajar
distandarisasi oleh dosen kimia dan guru kimia diperoleh rata-rata 3,38 yang
berati telah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kimia inovatif
membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan, baik dalam penggunaan
buku yang baik dan menarik membuat ketertarikan siswa untuk belajar, sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu, pada kelas eksperimen diperoleh
peningkatan SMA Swasta Santa Maria 63,62%, SMA N 1 Tarutung 66,78% dan
SMA Swasta HKBP 2 Tarutung 65,32%. Diharapkan guru dapat menggunakan
buku ajar kimia hasil inovasi berbasis kontekstual untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada pengajaran kimia dan menghasilkan sumber daya manusia
yang lebih berprestasi lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 159 |
Keywords: | buku ajar berbasis kontekstual; efektifitas; kelayakan BSNP; standarisasi; uji coba bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25150 |