Sitepu, Yulia Kurnia Sari (2012) PENGARUH METODE MEMBACA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA KEMALA BHAYANGKARA 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020394 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
2. 055020394 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. 055020394 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
4. 055020394 - Bab I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
5. 055020394 - Bab V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. 055020394 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dan dengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. 2) Perbedaan hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan dengan siswa yang memiliki kecendenmgan gaya belajar auditori. 3) Interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalam membenian pengaruh terhadap hash belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kemala Bhayangkari I Medan pada semester 2 Tabun Pelajaran 2007/ 2008. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Variabel bebas penelitian ini adalah (1) metode membaca dan (2) gaya belajar, sedangkan variabel teniatnya adalah hash belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Kemala Bhayangkari I Medan. Sedangkan sampelnya dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling yaitu kelas X-1 dan X-3 yang berjumlah 67 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah (1) tes hash belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berbentuk objektif tes dengan jumlah soal sebanyak 35 soal dan jumlah option sebanyak 5. Sedangkan tes gaya belajar siswa diberikan dalam bentuk angket yang berjumlah 24 pernyataan yang diadopsi langsung dan angket Gunawan dalam bukunya Genius Learning Strategy. Teknik analisa data menggunakan ANAVA 2 x 2 pada taraf signifikansi a = 0,05.Temuan penelitian ini adalah: (1) hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada basil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode Quantum Reading (Fhatun= 39,53 > Ft95 (1.63) = 3,994). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara basil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang memihici kecendenmgan gaya belajar Visual dengan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang memiliki kecendenmgan gaya belajar Auditori (Fbi = 5,74 > Fr 95 (1.63) = 3,994). (3) Terdapat interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar kemampuan membaca pada mats pelajaran Bahasa Indonesia siswa (Fhitun = 6,55 > Ft95 (1.63) = 3,994).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.302 81 Sit p |
Keywords: | Gaya Belajar; Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2513 |