Sidabutar, Penda Elfrida (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121046 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM 4133121046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM 41333121046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM 4133121046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 4133121046 TABLE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 4133121046 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 4133121046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 4133121046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM 4133121046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM 4133121046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 4133121046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X Semester II di SMA Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semseter II yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dankelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 32,23 dengan standar deviasinya 9,92. Nilai rata-rata pretest kelas control sebesar 31,50 dengan standar deviasinya 10,46. Diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72,86 dengan standar deviasinya 8,39 dan kelas control sebesar 66,68 dengan standar deviasinya 7,42. Nilai aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama yaitu 65,45 pada kategori cukup aktif, pertemuan kedua yaitu 70,90 pada kategori aktif, dan pada pertemuan ketiga yaitu 73,96 pada kategori aktif. Analisis uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen.Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,12 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung> ttabel(2,12> 1,669) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 187 |
Keywords: | Model Pembelajaran ARIAS; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:23 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25120 |