PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP SWASTA NAMIRA ISLAMIC SCHOOL MEDAN DAN SMP IT AL-FITYAN MEDAN T.A 2016/2017

Sitompul, Massalwa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP SWASTA NAMIRA ISLAMIC SCHOOL MEDAN DAN SMP IT AL-FITYAN MEDAN T.A 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146121024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146121024 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146121024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146121024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146121024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146121024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146121024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146121024 TABLE OF CNTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146121024 TABLE OF CNTENT.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146121024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146121024 TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146121024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146121024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146121024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146121024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146121024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146121024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146121024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146121024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar IPS , (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas VIII SMP Al-Fityan Medan dan SMP Swasta Namira Islamic school Medan yang keseluruhan berjumlah 160 siswa . Teknik penarikan sample yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 91 siswa dimana 47 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Contekstual Learning (CTL) dan 44 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping.
Instrumen yang digunakan berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 40 butir. Setelah diuji cobakan 35 butir yang memenuhi kriteria untuk mengukur hasil belajar IPS dan 40 butir yang memenuhi kriteria untuk mengukur tes berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan: (1) skor rata-rata hasil belajar IPS yang diajar dengan model pembelajaran Contekstual Learning ( lebih tinggi dari skor rata-rata hasil belajar model pembelajaran Mind Mapping ( dengan (Fhitung = 4,33 > Ftabel = 3,96 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1, 90), (2) siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi memperoleh skor rata-rata hasil belajar IPS lebih tinggi dari pada skor rata-rata hasil belajar IPS dengan kemampuan berpikir kritis rendah ( dengan (Fhitung = 4,24 > Ftabel = 3,96 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1, 87), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS (Fhitung = 30,89 > Ftabel = 3,96 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1, 87). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran Contekstual Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Sit p
Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2017 11:23
Last Modified: 02 Aug 2017 01:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item
View Item