Sinabariba, Bertina (2017) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENGGUNAKAN PENILAIAN OTENTIK BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD TRISAKTI LUBUKPAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182052 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2 NIM. 8156182052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3 NIM. 8156182052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM. 8156182052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5 NIM. 8156182052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6 NIM. 8156182052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7 NIM. 8156182052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8 NIM. 8156182052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9 NIM. 8156182052 BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13 NIM. 8156182052 BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14 NIM. 8156182052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Penilaian Otentik Berorientasi Model Pembelajaran Open Ended
yang dikembangkan Kelas V SD Trisakti Lubuk Pakam. (2) Kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran menggunakan Penilaian Otentik Berorientasi Model Pembelajaran Open Ended yang dikembangkan Kelas V SD Trisakti Lubuk Pakam. (3) Tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan Penilaian Otentik Berorientasi Model Pembelajaran Open Ended yang dikembangkan Kelas V SD Trisakti Lubuk Pakam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Trisakti Lubuk Pakam dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKn dan asesmen otentik Kelas V2 dan V3 masing-masing 36 orang siswa SD Trisakti Lubuk Pakam. Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Lembar
observasi aktivitas siswa; (3) Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang dikembangkan pada ujicoba I berada pada kriteria cukup baik, dan pada ujicoba II berada pada kriteria baik,; (2) Kadar aktivitas aktif siswa pada ujicoba I, terdapat 1 aktivitas aktif siswa yang belum memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan, sedangkan pada ujicoba II, seluruh aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan.; dan (3) Peningkatan Hasil Belajar PKn siswa melalui penggunaan perangkat pembelajaran Open-Ended adalah dari persentase pencapaian Hasil Belajar PKn pada ujicoba I sebesar 86.11% meningkat menjadi 91.67% pada ujicoba II. Hal ini telah melampaui batas toleransi yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.1 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran open-ended; Hasil belajar; Pengelolaan pembelajaran; Aktivitas siwa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:23 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25114 |