Hotma Setia, Panjaitan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122142004 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 5122142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM. 5122142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM. 5122142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 5122142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
6. NIM. 5122142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM. 5122142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 5122142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
12.NIM. 5122142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13.NIM. 5122142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar ilmu gizi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) mengetahui hasil belajar ilmu gizi siswa yang diajarkan dengan model konvensional, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar ilmu gizi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 65 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (X), dan hasil belajar ilmu gizi (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan kelas eksperimen, model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diperoleh hasil belajar cukup dengan 84,37% dengan rata-rata hitung sebesar 80,70 dan standar deviasi 4,34. Dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh hasil belajar kurang dengan 57,57% dengan rata-rata hitung sebesar 71,52 dan standar deviasi 5,80. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk nilai Akhir diperoleh thitung > ttabel (7,29>1,663), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar ilmu gizi kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 042 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Ilmu Gizi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 10:39 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25104 |