Harahap, Sri Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331065 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4133331065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 4133331065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM 4133331065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 4133331065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM 4133331065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 4133331065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 4133331065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 4133331065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM 4133331065 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
14. NIM 4133331065 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
15. NIM 4133331065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa antara dengan
menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson
Tarigan dengan model pembelajaran Langsung pada pokok bahasan Konsep Mol
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang
menggunakan kurikulum 2013. Siswa kelas X MIA di MAN Binjai berjumlah 4
kelas. Setiap kelasnya rata-rata berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 4 yang
diambil secara random sampling. Kelas pertama dijadikan sebagai kelas
eksperimen yang dibelajarkan menggunakan Model Mengajar Menginduksi
Perubahan Konsep (M3PK), dan kelas kedua dijadikan sebagai kelas kontrol yang
dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct
Instruction). Sebagai prasayarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok
sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok
sampel berdistriibusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis dengan
menggunakan uji Independent Sampel T-test dan diperoleh hasil pengujian
hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α=0,05). Pada pengujian
hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel (3,8939759527> 2,034). Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)
ditolak, yang artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model mengajar
menginduksi perubahan konsep (M3PK) lebih tinggi daripada hasil belajar kimia
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi
konsep mol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 154 |
Keywords: | M3PK, Hasil Belajar, Konsep ,Mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 10:35 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25101 |