Siregar, Juli Handa Sari (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 104214 KECAMATAN DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311095_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1133311095_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM. 1133311095_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1133311095_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1133311095_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 1133311095_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM. 1133311095_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM. 1133311095_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1133311095_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1133311095_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1133311095_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V SDN 104214 Kecamatan Delitua. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104214 Kecamatan Delitua dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 38 orang siswa, objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengggunakan model pembelajaran jigsaw. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasark ananalisis data yang diperoleh dari hasil pretes tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 7 orang siswa (18,4%) yang mendapat nilai tuntas. Pada hasil postes siklus I terdapat 16 orang siswa (42,1%) mendapat nilai tuntas. Pada hasil postes siklus II terdapat peningkatan yaitu diperoleh tingkat ketuntasan klasikal 34 orang siswa (89,5%) yang mendapatkan nilai tuntas. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SDN 104214 Kecamatan Delitua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 183 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25088 |