Lubis, Najwa Lina (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101800 DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
03. ABSTRAK NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. BAB V NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NAJWA LINA LUBIS (NIM.1133111047).pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu materi pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay materi pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri 101800 Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101800 Delitua yang berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksaaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal dan lembar observasi yaitu lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan analisis data, pada pretest (tes awal) diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa (22,58%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 24 siswa (77,41%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 50,16. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model Course Review Horay diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (58,06%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa (41,94%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 61,45. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan tetapi belum mencapai nilai ketuntasan yang diharapkan, sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa (90,32%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (9,68%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 81,13. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri 101800 Delitua T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 178 |
Keywords: | Hasil belajar; Model course review horay; Pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25084 |