MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NON DIRECTIVE PADA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SDN 104214 DELITUA

Iriani, Khalida (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NON DIRECTIVE PADA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SDN 104214 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133311074_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133311074_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133311074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133311074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133311074_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133311074_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133311074_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133311074_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133311074_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133311074_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133311074_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133311074_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133311074_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133311074_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133311074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133311074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133311074_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133311074_BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133311074_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133311074_BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133311074_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133311074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode non directive pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penerapan dan penghematan energi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran non directive dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA materi penerapan dan penghematan energi pada siswa kelas III, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA materi Penerapan dan penghematan energi pada siswa kelas III. Penelitian menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam II siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SDN 104214 Delitua dengan subjek penelitian adalah 38 siswa dengan menggunakan tindakan pembelajaran non directive. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi. Dari 34 orang siswa, Pada pertemuan 1 siklus I siswa yang termasuk dalam kriteria termotivasi adalah 8 siswa atau 23,52% dari jumlah keseluruhan siswa. Lalu motivasi belajar siswa mulai meningkat pada pertemuan 2 siklus I yaitu 9 siswa atau 26,47% yang termasuk dalam kriteria termotivasi. Tentunya hal itu belum mencapai target peneliti maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada pertemuan 1 di siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria termotivasi ada 28 siswa atau 82,35% yang termasuk dalam kriteria termotivasi. Pada pertemuan 2 siklus II jumlah siswa yang termasuk dalam kriteria termotivasi meningkat menjadi 33 siswa atau 947%. Sehingga jumlah siswa yang termasuk dalam kategori tuntas telah mencapai target peneliti, sehingga penelitian dihentikan sampai siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran non directive dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas III SDN 104214 Delitua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 181
Keywords: Motivasi Belajar; Metode Non Directive; PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jul 2017 10:36
Last Modified: 01 Aug 2017 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25082

Actions (login required)

View Item
View Item