Zega, Marthin Budi Putra (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113131045 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4113131045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3. NIM. 4113131045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM. 4113131045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 4113131045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. NIM. 4113131045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 4113131045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. NIM. 4113131045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM.4113131045 BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 4113131045 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 4113131045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan lebih tinggi dari pada model pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian dilakukan dengan cara memilih dua kelas secara acak atau random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal yang telah diuji terlebih dahulu. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh, data rata-rata nilai pretes pada kelas eksperimen sebesar 49,5 dan rata-rata nilai postes sebesar 88,71. Sedangkan data rata-rata nilai pretes pada kelas kontrol sebesar 43,93 dan rata-rata nilai postes sebesar 85,09. Peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran M3PK memberikan hasil yang lebih tinggi yakni sebesar 77,44%, daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Konvensional sebesar 73,07 %. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 6,971>1,6706 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima yang berarti peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK pada pokok bahasan ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 151 |
Keywords: | M3PK; Konvensional; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25079 |