Hanum, Isma (2017) PENGARUH STRATEGIS PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
02. PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
03.ABSTRAK isma.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah.(2) Hasil belajar antara siswa yang memiliki kemandirian tinggi dengan siswa yang memiliki kemandirian rendah. (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PPKn.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Populasi berjumlah 128 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 64 orang yang terdiri dari kelas XI AK1 dan XI AK2 diajarkan strategi pembelajaran kontekstual learning dan strategi pembelajaran berbasis masalah. Tes kemandirian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai kemandirian tinggi dan kemandirian rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial Anava 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, dengan Fhitung = 20,6 > Ftabel = 2,76 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa yang memiliki kemandirian tinggi dari pada hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa yang memiliki kemandirian rendah, dengan Fhitung = 51,59 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 51,59 > Ftabel = 2,76 pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual learning lebih tepat daripada strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa, dan siswa yang memiliki tipe kemandirian tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemandirian rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Han p |
Keywords: | Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Strategi pembelajaran; Kemandirian belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25073 |