Harahap, Yusrida Hafni (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172042 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8126172042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. NIM. 8126172042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8126172042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 8126172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM. 8126172042 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 8126172042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8126172042 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8126172042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 8126172042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 8126172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar melalui model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 2 Padangsidimpuan serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah sangat valid; 2) Kepraktisan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah praktis digunakan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data respons siswa terhadap bahan ajar yakni siswa memberikan respons yang positif; 3) Bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar ini tuntas karena ≥ 80% dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya aktivitas yang positif dari siswa dan 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan dengan menggunakan bahan ajar berada pada kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Har p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan ajar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:34 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25072 |